Kamis, 09 April 2009

Asemka (Jak-Bar)

Asemka yang biasa disebut orang Pasar Pagi Asemka adalah daerah perdagangan yang sudah cukup tua. Sebetulnya kalau kita menyusuri jalan di samping Pasar Glodok Jaya, kita akan sampai di Asemka. Kalau tidak macet dan menggunakan mobil, dalam waktu 5 sampai 10 menit kita akan sampai di sana. Jadi kalau sudah selesai belanja di glodok dan masih punya banyak waktu, kita bisa jalan kaki ke Asemka. Daerah ini terdiri dari beberapa bagian pusat perdagangan yang nempel jadi satu. Ada Pasar pagi, Petak Baru, Perniagaan dan gedung Asemkanya sendiri. Jadi kalo keliling di sini, akan menemukan semua tempat itu. Nyambung jadi satu.Apa yang dijual di sini? Untuk pencinta shopping pakaian, di sini memang bukan tempatnya. Di daerah ini, diperuntukkan bagi para pedagang dan pengusaha garmen. Tapi kalau kita mau membeli dalam jumlah banyak, misalnya untuk pesta atau acara amal, kita bisa hunting di sini. Harganya? Jangan dibandingkan di mall! Bisa nangis kalau ternyata udah keburu beli di mall. Ya……..namanya juga harga untuk dijual lagi, pastilah murah supaya yang beli nanti dapat untung juga.

Nih, daftar barang-barang yang dijual secara grosir di sini:
- Mainan anak-anak dari yoyo sampe robot bahkan scrable bisa ditemukan di sini. Kolam renang plastik berikut perlengkapan renang lainnya juga ada. Betul-betul murah semuanya. Barang-barang yang dijual oleh abang-abang keliling, atau yang mangkal di sekolah, pedagang kaki lima, juga toko-toko mainan, kebanyakan asalnya dari sini. Jadi kalo ada rencana merayakan pesta ulang tahun anak, atau sekedar ingin membeli stock kado bagi temannya anak yang ulang tahun, cari aja di sini. Harganya gak bakal mengecewakan.
- Asesoris untuk perempuan, anak-anak maupun ibu-ibunya. Jepitan rambut, bros, gelang, bando, ada semua. Dari yang bahan plastik sampe yang batu kristal.
- Bunga imitasi yang dijual di sini, sama dengan tempat lain. Yang beda Cuma harganya. Murah tapi belinya mesti grosir.
- Beads/batu manik-manik yang biasa dirangkai jadi tempat tissue, vas bunga dan bunganya atau bahkan tas. Cara jualanya, ada yang ditimbang, ada yang berdasarkan per biji. Kalo kita beli bahannya, akan diajarkan cara merangkainya. Banyak remaja dan ibu-ibu yang duduk di sana sambil belajar merangkai. Asyik juga, lokasinya cukup adem karena letaknya di dalam.
- Sandal murah banyak sekali. Persisnya di jalan perniagaan Timur. Agak di belakang dari pasar pagi asemkanya. Ini adalah sandal yang dijual di kaki lima yang biasanya murah sampai kita terheran-heran. Tapi di sini lebih murah lagi, karena grosir.
- Alat tulis kantor belinya juga secara grosir. Lebih murah dari toko buku. Sudah pasti.
- Perlengkapan bayi plus kaos kaki dan sejenisnya. Pedagang di mal banyak yang beli barang dagangan di sini, karena kebanyakan produk dari importer langsung.
- Perlengkapan garment. Dari mesin sampe kancingnya bisa dicari di sini. Keliling saja dari Jl. Asemka sampe Jl. Perniagaan.

Sebetulnya masih banyak produk lain, Cuma tidak terlalu mencolok jumlah penjualnya. Aku kemarin ke sana aja sampe ngeborong segala macam mainan dan asesoris. Tapi memang sih, panas banget, soalnya sebagian besar areanya terbuka. Padat, berisik, dan panas. Itulah capek yang harus dibayar untuk mendapatkan barang yang sama dengan yang dijual di mall tapi harganya murah banyak. Tentu saja tidak ada barang branded di sini. Tempat istirahat juga tersebar. Makanan dan minuman dijual sepanjang jalan. Yang jelas makanan tradisional semua.

1 komentar:

ayahzaid mengatakan...

Terimakasih informasinya.
Saya rencana mau nyari kolam renang plastik ke asemka hari ini
Salam kenal…