Senin, 12 Januari 2009

Ayo Jalan..

<==peta Jakarta (Klik untuk memperbesar)
Asal muasal dibikinnya blog ini adalah karena nasionalismeku. Coba bayangkan, ada keponakanku yang aslinya orang Kalimantan, sekarang tinggal di Australia mau merayakan perkawinannya. Kecil-kecilan sih. Kita saran dirayain di Jakarta atau Bali aja. Karena kalau keluarga besar harus ke Aussie kan lumayan lho biayanya. Dan jauh lagi.

Tapi istri dan sang mertua yang orang Jepang, gak mau ke Indonesia. Eh……… malah maunya di Singapura aja. Alasan dari si Nona Jepang adalah, mamanya gak berani ke Indonesia. Waduh! Seheboh apa ya kejelekan Indonesia yang tersebar di luar negeri? Mungkin aksi demo yang terjadi hampir tiap hari membuat ciut nyali orang Luar .

Aku jadi tertantang untuk menunjukkan seperti apa sih Indonesia selain demo. Terutama ibukotanya Jakarta. Gedung2 dan shopping Malnya kan gak kalah ama Singapura. Bahkan menurutku sih, Singapura tuh cuma kerennya cuma di sekitar Orchard road saja yang menjadi pusat perbelanjaan. Dengan sedikit tempat wisata. Mungkin kelebihannya adalah orang merasa aman jalan di trotoar yang lebar dan bersih. Tapi kalau di Jakarta, Malnya tumbuh seperti jamur dan udah pasti melebihi Singapura. Gedung2 megah dan cantik menjulang di sepanjang Kelapa Gading, Thamrin, Sudirman, Kuningan, dan sekitarnya. Tempat wisata…….? Perlu berminggu-minggu untuk mengelilingi Jakarta dan sekitarnya aja. Mungkin dikira Indonesia masih primitif, padahalkan kita udah modern. Iya kan?!

Selain baca, aku suka belanja. Ya……..baju, tas, sepatu, asesoris dan sejenisnya. Gak yang mahal-mahal sih. Tapi setiap jalan pasti nenteng kantong belanjaan. Kalo lagi males atau lagi gak punya duit, ya nentengnya kantong kecil aja. Jadi aku pikir kenapa gak coba mengumpulkan kesan pada kunjungan ke semua mal dan pusat perbelanjaan di seluruh Jakarta. Aku pengen tau berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mengelilingi seluruh tempat belanja itu. Dan sekalian untuk kita pamerkan ke Orang Luar, betapa pantasnya Jakarta dikunjungi, terutama untuk yang hobi belanja.


Pusat perbelanjaan di Jakarta Pusat paling banyak. ITC Cempaka Mas, Mega Glodok Kemayoran, Pasar Pagi Mangga Dua, ITC Mangga Dua, Mangga Dua Mal, Harco Mangga Dua, WTC Mangga Dua, Mangga Dua Square, Golden Truly, Glodok Plaza, Paser Baroe, Metro Tanah Abang, Blok A Tanah Abang, Plaza Indonesia(Thamrin), Grand Indonesia(Sudirman), Plaza Semanggi, Ex (entertainment X’nter), FX, Sarinah Thamrin, Ratu Plaza, Pasar Festivel Kuningan, Gajahmada Plaza, Senen, dan Pasar Pagi Asemka.

Jakarta Utara, Mal Gading I, II, III, V, La piazza, Sport Mall, Mal Artha Gading, Mal Of Indonesia di Kelapa Gading Square, Kelapa Gading Trade Centre, Pasar Ular By Pass, Pasar Seni Ancol, dan Mega Mall Pluit.

Pusat perbelanjaan di Jakarta Timur. Citra Mal Klender, Buaran Plaza, Pusat grosir Jatinegara, Pusat Grosir Cililitan, dan Pulo Gadung Trade Centre.

Jakarta Barat. Mall Taman Anggrek, Mall Citra Land, ITC Roxi Mas, Roxi Square, Bangun Nusa Daan Mogot, dan Pasar Palmerah.

Yang paling buntut ke Jakarta Selatan. Mal Pondok Indah, Mall Ambasadore, Plaza Senayan, Senayan City, ITC Kuningan, Chilandak Town Square, Cinere Mal, Pasar Puring, Pasar Raya Blok M, Blok M Plaza, dan Pejaten Village.

Ayo kita mulai menjelajahi pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta. Sambil menghitung waktu yang kita butuhkan untuk belanja sampe ke sudut Jakarta. Kita mulai dari daerah Mangga Dua. Ada 4 pusat perbelanjaan yang nyambung jadi satu. Mangga Dua mal, Itc Pasar Pagi dan Dusit.

Tidak ada komentar: